Mari berinfaq dan Ketahui 8 Keutamaan Memberi Makan Orang Berpuasa

0
134

Saat ini perhatian semua orang sedang terfokus kepada Corona. Bagaimana tidak, virus yang muncul pada tahun 2019 ini sudah ditetapkan statusnya sebagai pandemi oleh badan kesehatan dunia (WHO) karena telah menyerang banyak sekali manusia di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Hal ini tentunya menjadi sebuah keresahan tersendiri mengingat kejadian seperti ini sangat jarang terjadi.

Namun, sebagai seorang muslim kita tidak boleh lengah, jangan sampai sebuah wabah menjadikan lalai dalam beribadah. Setelah kita semua berusaha dengan maksimal, harus juga disertai dengan bertawakal kepada Allah. Tetap melaksanakan shalat dengan tata cara yang sesuai dengan imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan para ulama, dan tidak lupa juga tetap bersedekah dengan harta yang kita miliki.

Nah, berhubung di daerah Bombana kita ini ada beberapa pondok pesantren, dengan ini kami membuka peluang untuk anda mendapatkan pahala sama seperti orang yang berpuasa, sebagaimana kita ketahui selain wajib berpuasa bagi setiap orang beriman di bulan ramadhan, ada lagi satu ibadah sederhana yang apabila kita lakukan, maka akan mendapat pahala yang sangat banyak. Ibadah tersebut adalah bersedekah dengan memberi makan orang yang berpuasa. Apa saja sih keutamaannya?

Berikut ada 8 keutamaan memberi makan orang berpuasa yang sudah kami rangkum untuk Sahabat semuanya. Dibaca hingga akhir ya…

1. Memberi Makan Orang Berpuasa Pahalanya Sama dengan Orang yang Berpuasa

Siapa yang tidak ingin sekali puasa, tapi pahala puasanya dobel? Nah, kalau Sahabat ingin seperti itu, satu kegiatan ini cocok banget untuk kamu aplikasikan.

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192).

Untung sekali bukan?

2. Salah Satu Jalan Menuju Surga

Tak perlu bingung mencari cara biar bisa dapat tiket surga. Nah, salah satu bekalnya adalah dengan memberi makan orang yang berpuasa. Apalagi jika dilengkapi dengan ikut berpuasa juga, melaksanakan shalat malam dan selalu berkata jujur dalam setiap aktivitasnya.

“Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.” Lantas seorang Arab baduy berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi no. 1984)

3. Shalat, Puasa dan Sedekah Dapat Mengantarkan pada Ridha Allah

Ibnu Rajab Al-Hambali menyatakan, “Puasa, shalat dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, ‘Shalat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja.’“ (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 298)

Hayo, apa engga semakin termotivasi?

4. Sedekah akan Menyelamatkan Seseorang dari Panasnya Hari Kiamat

Setiap orang nantinya akan mendapat naungan dari amal baiknya di padang mahsyar hingga ia mendapatkan keputusan. Nah, salah satu kebaikan yang bisa kamu lakukan adalah bersedekah dengan cara memberi makan orang yang berpuasa. Sederhana bukan?

5. Sedekah akan Menambah Berkah Harta

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim, no. 2588).

Dijelaskan oleh Imam Nawawi, maksud dari hadits di atas adalah :

  • Harta tersebut akan diberkahi dan akan dihilangkan berbagai dampak bahaya padanya. Kekurangan harta tersebut akan ditutup dengan keberkahannya.
  • Walaupun secara bentuk harta tersebut berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala di sisi Allah dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak. (Syarh Shahih Muslim, 16: 128)

6. Sedekah akan Meredam Murka Allah

Sedekah menjadikan Allah lebih sayang kepada seorang manusia dan meredam murkanya Allah. Masa sih kamu gamau disayang oleh Allah? Caranya pun gampang, salah satunya dengan memberi makan orang berpuasa.

7. Sedekah akan Memadamkan Dosa

Sahabat pasti tahu kan kalau air itu bisa memadamkan api? Nah seperti itu juga dengan sedekah. Sedekah itu ibaratkan air, dan dosa itu ibaratkan api. Dengan sedekah memberi makan orang berpuasa, bisa memadamkan dosa-dosamu Sahabat.

8. Mendapat Berkah dari Doa Orang yang Berpuasa

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : Pemimpin yang adil, Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, Do’a orang yang terdzolimi.”

Pasti mau kan didoakan oleh orang yang berpuasa?

Itulah dia beberapa keutamaan yang bisa kamu dapatkan dengan cara memberi makan orang berpuasa. Tentunya kita mau ya mendapatkan semua keutamaan itu. Tunggu apa lagi Sahabat, yuk siapkan sedekah terbaikmu dengan salah satu caranya adalah memberi makan orang berpuasa. Mau ya?

Sumber : https://insanbumimandiri.org/id/post/8-keutamaan-memberi-makan-orang-berpuasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here