Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

0
91
The ancient & mysterious city of Djado, once a fortified citadel on the slave traders route to Lybia, is now a haunting jumble of decaying mud architecture. Although it hasn’t rained here for many years, every year in the cool season the dry lake surrounding the city fills up, giving it additional protection from attack. The limited amount of land on this seasonal islet made it’s inhabitants build multi-story buildings using precious pieces of palm trunks for ceiling beams. The city died not long after the abolition of the slave trade, and now is only visited seasonally by Toubou people from Chirfa, who come here to work the date palms, said to be the best in Niger.

Tidak terasa beberapa hari lagi kita kaum muslimin akan memasuki satu bulan suci yang penuh kemuliaan yaitu bulan suci Ramadhan.

Meskipun saat ini kita sedang dilanda kesedihan dengan adanya ujian dari Allah berbentuk pandemi covid-19, namun tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bergembira dengan kedatangan bulan mulia ini (Semoga Allah menyampaikan kita ke dalamnya). Bagaimana tidak? Sedangkan bulan ini memiliki banyak keutamaan istimewa yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya.

Berikut ini beberapa keutamaan istimewa yang ada pada bulan suci Ramadhan:

1.Bulan Ramadhan adalah bulannya Al-Qur’an.

Hal ini karena Al-Qur’an diturunkan di dalam bulan suci ini. Allah subhanahu wata’ala berfirman:

(شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ)

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).”

-Surah Al-Baqarah, Ayah 185.

2.Bulan Ramadhan adalah bulan ditegakkannya salah satu dari rukun Islam yang lima.

Sebagaimana kita ketahui bahwa agama kita berdiri di atas lima rukun yang utama. Dan salah satu dari rukun-rukun tersebut adalah berpuasa di bulan suci Ramadhan. Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

(بني الإسلام على خمس : شهادة أن لا إله إلا الله ، وأن محمدا رسول الله ، وإقام الصلاة ، وإيتاء الزكاة ، وحج البيت ، وصوم رمضان ) رواه البخاري ومسلم .

“Islam dibangun di atas 5: bersaksi bahwa tiada Tuhan yang haq selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan salat, menunaikan zakat , berhaji ke baitullah dan berpuasa Ramadhan.”

HR.Bukhari dan Muslim.

3.Bulan yang dibukakan pintu-pintu syurga di dalamnya dan ditutupkan pintu-pintu neraka serta dibelenggunya para syaithan.

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

(هذا شهر رمضان جاءكم تفتح فيه أبواب الجنة وتغلق فيه أبواب النار وتسلسل فيه الشياطين) رواه النسائي

“Ini adalah Ramadhan yang mendatangi kalian. dibukakan pintu-pintu syurga di dalamnya dan ditutupkan pintu-pintu neraka serta dibelenggunya para syaithan.”

HR.An-Nasa’i.

4.Bulan penuh ampunan.

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

(ورمضان إلى رمضان مكفرات ما بينهن) رواه مسلم

“Dan Ramadhan ke Ramadhan lainnya adalah pengampunan dosa di antara keduanya”

HR.Muslim.

5.Bulan pembebasan dari api neraka.

Dan hal ini terjadi di setiap malam dari malam-malamnya. Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

(ولله عتقاء من النار وذلك كل ليلة) رواه أحمد

“Dan milik Allah hamba-hamba yang dibebaskan dari api neraka dan hal itu terjadi pada setiap malamnya (dalam bulan Ramadhan).”

HR.Ahmad.

6.Hari kemenangan kaum muslimin.

Sebagaimana disebutkan oleh para ulama dan ahli sejarah kita, bahwa 2 kemenangan gemilang kaum muslimin yaitu pada Perang Badar dan Penaklukkan Kota Mekkah, kedua-duanya terjadi pada bulan suci Ramadhan.

7.Bulan sedekah dan mempelajari Al-Qur’an.

Sahabat Abdullah bin Abbas rhadiyallahu anhu mengatakan:

(كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس ، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل ، وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيدارسه القرآن) رواه البخاري

“Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau semakin dermawan manakala di bulan Ramadhan ketika Jibril datang menemuinya. Dan Jibril menemuinya di setiap malam di dalamnya lalu mengajarkannya Al-Qur’an.”

HR.Bukhari.

8.Bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih mulia dari seribu bulan.

Yaitu malam yang disebut dengan malam Lailatul Qadar yang mana ia terletak di salah satu malam dari 10 malam terakhir dari bulan suci Ramadhan. Allah berfirman:

لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ خَيۡرٞ مِّنۡ أَلۡفِ شَهۡرٖ

“Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”

-Surah Al-Qadr, Ayah 3.

9.Bulan I’tikaf.

Aisyah rhadiyallahu anha berkata:

(أن النبي صلى الله عليه وسلم ، كان يعتكف العشر الأواخر من رمضان حتى توفاه الله) رواه البخاري

“Bahwa sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wasallam beri’tikaf di sepuluh terakhir dari dari bulan Ramadhan sampai Allah mewafatkannya”

HR.Bukhari.

10.Bulan menghidupkan malam dengan salat tarawih.

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

(من قام رمضان إيمانا واحتسابا ، غفر له ما تقدم من ذنبه) رواه البخاري

“Barangsiapa yang mendirikan Ramadhan dengan iman dan ihtisab (ikhlas), maka di ampuni dosa-dosanya yang lalu”

HR.Bukhari.

Para ulama kita menafsirkan bahwa mendirikan Ramadhan di sini adalah mendirikan malamnya dengan salat tarwih.

Inilah di antara beberapa keutamaan dari bulan suci Ramadhan yang menunjukkan betapa berkahnya dan mulianya bulan yang satu ini. Dan tentunya masih banyak lagi keutamaan dari bulan suci Ramadhan ini yang tak dapat kita sebutkan satu persatu.

Semoga Allah menyampaikan kita ke dalamnya dan memberikan kita taufik untuk menghidupkannya serta semoga dengan keberkahan bulan suci Ramadhan ini Allah segera mengangkat ujian wabah yang tengah kita alami dan mengembalikan kehidupan kita sebagaimana sedia kalanya.

Demikianlah,
Semoga bermanfaat,
Wassalam.

Oleh: Muhammad Harsya Bachtiar, Lc.MA.
(Alumni S2 Univ.Islam.Madinah)

Sumber dari: https://wahdah.or.id/keutamaan-bulan-suci-ramadhan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here